59 Tahun Axl Rose

Ini kisah seorang laki-laki yang kelak ketika tumbuh dewasa menjadi begundal. Suka baku hantam. Bertingkah semaunya. Control freak yang dipuja banyak wanita. Superstar sejati yang namanya tertulis dalam sejarah musik hair-metal dunia.

Ia adalah Axl Rose, anak laki-laki yang dahulu tak pernah direncanakan kehadirannya oleh kedua orang tuanya. Orang tuanya bercerai saat ia berumur 2 tahun, lalu ibunya menikah lagi dengan seorang lelaki bernama Stephen L. Bailey.

Butuh 17 tahun lamanya ia menyadari bahwa nama Bailey bukanlah nama aslinya. Setelah menemukan sebuah dokumen asuransi, Axl mengubah namanya menjadi William Rose. Oh iya konon ayahnya jadi korban pembunuhan di tahun 1984.

W. Rose hidup di lingkungan yang konservatif. Ia bernyanyi untuk choir di gerejanya, lalu membuat sebuah band bersama Jeff Isbelll— yang kelak kita kenal sebagai Izzy Stradlin.

Saat remaja, Axl sempat dipenjara sebanyak lebih dari 20 kali. Ketika memutuskan untuk membentuk Guns N’ Roses pun ia tak pernah berhenti berulah. Tempramen dan sering menghentikan konser jika ada sesuatu yang mengganggu mood-nya untuk bernyanyi.

Tapi apa mau dikata? Album debut Appetite for Destruction (1985) laku puluhan juta kopi di seluruh dunia. Dobel album User Your Illusion (1991) juga jadi masterpiece yang tak kalah megah.

Kini ia tak lagi bengal seperti dulu. Suaranya juga sudah lemah termakan usia. Kelak ia ingin dipusara makamnya tertulis: “Sorry I’m late”, karena ia punya kebiasaan sering kali telat berjam-jam untuk datang ke venue konser.

Happy Birthday, Axl Rose.

Foto: Jon Super/Redferns/Getty Images

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s